fah@uinsgd.ac.id (022) 6370 0715
  • Kontak
  • Pusat Studi Islam Sunda
Profil FAH

Dr Suparman: 3 Hal yang Harus Disiapkan Pemuda

Tantangan dan permasalahan kehidupan di masa depan akan semakin kompleks. Tidak heran jika para pemuda di masa kini harus bersiap diri agar mampu menjawab berbagai tantangan tersebut. Dr. Suparman Jassin, M.Ag. dalam acara Assalamu’alaikum Nusantara yang disiarkan oleh TV One mengupas tentang apa saja yang harus disiapkan para pemuda agar menjadi sosok yang disebutkan dalam falsafah Sunda: Pengkuh agamana, luhung elmuna, jembar budayana & mulya akhlakna.

Dalam tausiyah yang disiarkan dari Pondok Pesantren Al-Jauhari – Garut, pimpinan Dr. KH. Jujun Junaedi, M.Ag. tersebut, Ustadz Suparman juga menekankan 3 hal penting yang harus dilatih para pemuda agar menjadi para pemimpin terbaik bangsa di masa depan, yaitu fastabiqul khairat, mujahadah an-nafs & daf’ul mafasid. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Saksikan videonya berikut ini:

Sebagaimana dijelaskan oleh Ustadz Suparman Jassin, sejarah telah membuktikan bahwa peran pemuda begitu besar di awal mula turunnya Islam di tanah Makkah. Demikian juga sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia ini selalu menampilkan para pemuda yang menjadi ‘motor’ penggeraknya. Dosen jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung tersebut juga menyampaikan harapannya agar para pemuda, baik santri, pelajar juga mahasiswa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan berbagai kegiatan positif dan tidak mudah tergoda dengan hal-hal negatif yang merusak masa depan mereka. (Addriadi)

Related Posts