Sabtu, 29 Oktober 2022
Oleh : Nawrah Zhafirah Hatta
Telah diadakan seminar yang membahas tentang sistem penjamin mutu dalam perspektif akreditasi berbasis prinsip, dengan fokus pada pemahaman instrumen 9 standar dengan penekanan pada output-outcome. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman civitas akademika terkait pentingnya penjaminan mutu dalam pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks akreditasi.
Acara tersebut dihadirkan para pemateri yang ahli dalam bidangnya, yaitu:
- Prof. Dr. Didi Suherdi, M.Ed., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Guru Besar Bidang Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Pendidikan Indonesia.
- Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., seorang Guru Besar Bidang Sejarah dari Universitas Padjajaran.
Dipandu oleh Rd. Myrna Nursakinah, seorang dosen dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Hakikat Penjamin Mutu menjadi pembahasan pertama pada kegiatan ini. Membahas mengenai esensi dan pentingnya sistem penjamin mutu dalam meningkatkan kualitas pendidikan, serta bagaimana hal tersebut terkait dengan prinsip-prinsip akreditasi.
Lalu menjelaskan mengenai instrumen 9 standar dalam proses akreditasi, dengan penekanan pada pemahaman output-outcome sebagai tolok ukur kualitas program pendidikan. Dilanjut dengan diskusi tentang pemanfaatan matriks sebagai alat evaluasi dalam menjamin mutu program pendidikan, dengan fokus pada identifikasi output dan outcome yang diinginkan.
Pembahasan mengenai pentingnya penetapan standar yang jelas dan konsisten dalam menjaga kualitas pendidikan tinggi, serta implikasinya dalam proses akreditasi. Menyusun LED (Learning Enhancement Document) dan memberikan panduan praktis tentang penyusunan LED, termasuk prosedur dan contoh implementasinya.
Acara ini berlangsung dari pukul 07.30 WIB hingga selesai, dihadiri oleh civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Dari kegiatan ini, diharapkan terciptanya pemahaman dan wawasan yang luas mengenai pentingnya penjaminan mutu dalam pendidikan tinggi, serta kemampuan untuk merencanakan program-program yang komprehensif dan sinergis. Semoga hal ini dapat mendukung terwujudnya program-program pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.