fah@uinsgd.ac.id (022) 7800525

FAH Selenggarakan Sosialisasi Kebijakan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (KM-MB)

Seusai kegiatan benchmarking dari IAIN Syeikh Nurjati Cirebon (17/11/2020), gedung Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung pun kembali diramaikan oleh kedatangan dosen-dosen fakultas ini. Hal ini disebabkan FAH mengundang para dosennya untuk melakukan sosisalisasi lanjutan tentang kebijakan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (KM-MB).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh FAH sebagai bentuk komitmen atas kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang pendidikan yaitu KM-BM. Kebijakan ini diratifikasi oleh FAH, karena orientasi kebijakan KM-BM diluncurkan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas, inovatif, otonom dan fleksibel. Selain itu, kebijakan tersebut juga diproyeksikan sebagai upaya mewujudkan Good Governance University (GUG) serta dalam upaya menghasilkan output dan outcome yang profesional, unggul dan kompetitif, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Untuk mewujudkan hal tersebut, FAH berupaya menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dalam bentuk Rapat Dalam Kantor (RDK). Hadir dalam RDK sosialisasi tersebut seluruh pimpinan, Dosen, tenaga kependidikan FAH serta tamu eselon yaitu Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Mohammad Dzulkiah.

RDK Sosialisasi Kebijakan Implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar tersebut dipimpin oleh Wakil Dekan II Fakultas Adab dan Humaniora Dr. H. Dedi Supriadi, M. Hum. Setelah membuka acara RDK, Dr. Dedi mempersilahkan Wakil Dekan 1 Fisip memberikan paparan mengenai kebijakan KM-BM. Wakil Dekan I Fisip tersebut menegaskan, “Sebagaimana di Fisip, setiap fakultas di UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempunyai semangat yang sama mengimplementasikan kebijakan Kemendikbud tersebut, ada peluang, tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam implemantasinya.”

Setelah paparan wakil dekan 1, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. H. Setia Gumilar, M. Si menyampaikan paparan kebijakan umum Fakultas Adab dan Humaniora mengenai implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Setelah paparan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora dilanjutkan paparan Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Humaniora Dr. Dadan Rusmana, M. Ag. yang menyampaikan Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Kebijakan KM-BM merujuk pada Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memberikan hak bagi mahasiswa untuk belajar di luar prodinya, baik di dalam UIN maupun di luar UIN. Bentuk kegiatannya cukup banyak sebagaimana dijelaskan pada berbagai panduan KM-BM”

Setelah paparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Dekan FAH menyampaikan, “Semoga implementasi kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bisa segera terwujud, sehingga cita-cita menjadikan perguruan tinggi yang dapat menciptakan kultur yang kondusif, demokratis, tidak mengekang serta memberikan seluas-luasnya bagi mahasiswa membentuk skill dan pengalaman langsung di dunia kerja atau masyarakat bisa terwujud.” (darusman)

Related Posts