fah@uinsgd.ac.id (022) 6370 0715
  • Kontak
  • Pusat Studi Islam Sunda
Profil FAH

FAH Luncurkan 90 Karya Buku Ber-HKI dan 65 Buku Ber-ISBN

fah.uinsgd.ac.id– Di penghujung tahun 2021 ini, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung  meluncurkan 65 karya buku ber-ISBN  (International Standard Book Number) dan 90 karya ilmiah yang dikukuhkan dengan sertifikat HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Ini dilakukan  untuk mengakselerasi publikasi karya ilmiah sivitas akademika FAH, baik dosen maupun mahasiswa.

“Kita terus berupaya mewujudkan komitmen melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, berbasis keluaran (outcomes),” ujar Dekan FAH, Dr H Setia Gumilar, M.Si, didampingi Wakil Dekan 1 Dr Dadan Rusmana, M.Ag, CHS, Senin (27/12/2021).

Sebanyak 155 karya tersebut merupakan karya terpilih dan terseleksi dari berbagai karya yang masuk ke tiga prodi di FAH, yakni Prodi Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Sastra Inggris (SI).

Mayoritas karya merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, baik dari output perkuliahan, penelitian, kegiatan Praktek Profesi Lapangan, maupun Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Kini, hasilnya tidak hanya untuk tagihan administrasi, tetapi juga mengoptimalkan manfaatnya. Salah satu indikator kebermanfaatan dari karya adalah dibaca dan disitasi.

Program ini, lanjut Dekan,  merupakan kegiatan terprogram dari IKU Dekan untuk penguatan proses akademik dan peran kelembagaan FAH.

“Seyogyanya pencapaian ini dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan diseminasi karya ilmiah, serta untuk meningkatkan rekognisi kelembagaan di tingkat Nasional dan Asia Tenggara”, harapnya.

Baginya, prestasi ini sudah sesuai target dan harapan. Pencapaiannya melengkapi capaian lainnya, seperti pelibatan 300 mahasiswa magang di lembaga dan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) pada program MBKM. Ada juga beberapa mahasiswa yang berprestasi program konferensi dan  Youth World Cup ’21 di luar negeri,, baik yang diselenggarakan secara luring maupun daring.(nanang sungkawa)

Related Posts

Leave a Reply