fah@uinsgd.ac.id (022) 6370 0715
  • Kontak
  • Pusat Studi Islam Sunda
Profil FAH

Dr Dadan, Wadek I FAH, Raih Certified in Humanistic Studies

fah.uinsgd.ac.id Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Dadan Rusmana, adalah salah seorang dari sembilan dosen UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung yang tersertifikasi keahlian dari International Board of Standars (sebuah lembaga sertifikasi internasional yang berkedudukan di Uni Eropa dan Amerika).

Dadan memiliki CHS (Certified in Humanistic Studies), dan berhak mencantumkan tambahan penulisan gelar CHS. Sertifikat keahlian tersebut diserahkan oleh Rektor UIN SGD Bandung Prof Dr H Mahmud, MSi di Gedung O Djauharuddin AR, Rabu (10/02/2021).

Sedangkan kedelapan dosen lainnya adalah: Ija Suntana dan Aden Rosadi, dosen Fakultas Syariah dan Hukum memiliki CLA (Certified Legal Analytics); Dindin Jamaluddin dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memiliki CEPP (Certified in Education Planning Professional); Betty Tresnawaty dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki CICSS (Certified International Corporate Strategy Specialist).

Nani Nuranisah Djamal dosen Fakultas Psikologi memiliki MPC (Master Psychological Consultant); Dian Siti Nurjanah dosen Fakultas Ushuluddin memiliki MPC (Master Psychological Consultant). Arief Fatchul Huda dosen Fakultas Sains dan Teknologi memiliki CDS (Certified in Data Science), Asep Abdul Sahid dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki CPS (Certified Political Scientist).

Dalam sambutannya, Prof Mahmud mengatakan, sertifikasi keahlian internasional sangat berguna bagi peningkatan kualitas layanan dan citra lembaga. Anugerah yang luar biasa ini menjadi momentum, yang harus dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan Islam. Sehingga kehadiran dosen-dosen dengan tambahan keahlian akan memberikan layanan lebih kepada masyarakat.

“Sertifikasi ini akan mendongkrak mutu lembaga, baik secara internal maupun eksternal. Capaian sertifikasi para dosen ini sangat membanggakan, karena akan meningkatkan citra lembaga di tingkat internasional. Ini merupakan pencapaian Renstra Universitas,” tutur rektor, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rosihon Anwar, MAg.

Prof Mahmud mengharapkan, dosen-dosen yang keahliannya tersertifikasi internasional terus bertambah jumlah di waktu yang akan datang. “Setiap tahun harus ada sejumlah dosen yang tersertifikasi internasional, supaya UIN SGD semakin kukuh kualitasnya dan mampu berdaya saing di tingkat global,” pungkasnya.[nanang sungkawa]

Related Posts

Leave a Reply